Senin, 25 Januari 2016

WONOGIRI-Sebuah ledakan dahsyat menggemparkan warga Wonogiri, Kamis (14/1/2016). Ledakan terdengar hampir bersamaan dengan kejadian bom di Jakarta.
Ledakan itu terjadi sekitar pukul 10.10 WIB, terdengar di wilayah kecamatan Baturetno, Giriwoyo hingga Tirtomoyo. Waktunya yang hampir bersamaan dengan meledaknya bom di Jakarta membuat warga panik.
Sejumlah warga yang dihubungi mengaku ketakutan dengan suara ledakan yang terdengar satu kali itu. Mereka menduga di sekitar Wonogiri juga terjadi kasus teror seperti di Ibukota.
“Suaranya sangat keras, awalnya saya kita hanya ledakan dinamit tambang batu. Tapi setelah ada berita bom di Jakarta, saya malah menduga itu juga bom,” ungkap warga Kecamatan Giriwoyo, Agus.
Dia dan keluarga mengaku cukup panik dan ketakutan. Dia kemudian berusaha mencari tahu sumber bunyi yang mendentum itu, namun tak juga didapat hasil pasti.
Salah satu pemilik warung makan di Kecamatan Baturetno,
Suharman, mengatakan, begitu terdengar suara ledakan, warga di lingkungannya spontan berhamburan keluar rumah. Tidak hanya itu, pelanggan di warung makannya juga berhamburan keluar ingin mengetahui apa yang terjadi.
“Keras sekali ledakannya,” kata Suharman.
Dia menduga ledakan dinamit dari tambang batu andesit diGiriwoyo. Namun, warga sekitar lokasi tambang membantah ledakan berasal dari tambang. Pasalnya mereka hapal benar dengan suara dinamit, ledakan yang mereka dengar sangat berbeda.
Dihubungi terpisah, Kapolres Wonogiri AKBP Windro Akbar Panggabean mengatakan suara dentuman itu merupakan suara pesawat latih TNI AU. Biasa melakukan latihan di udara Wonogiri dan pesisir jawa selatan lain.
“Itu tadi pagi suara pesawat TNI AU latihan terbang supersonik. Terbang dari kecepatan biasa ke supersonik jadi mengeluarkan suara seperti ledakan,” terangnya.
Aris Arianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar