Senin, 11 Januari 2016

Sendang Ratu Kenya, Goa Maria di Wonogiri

Sendang Ratu Kenya, Goa Maria di Wonogiri



Wonogiri – Salah satu keindahan bentang alam yang juga menjadi primadona pariwisata Kabupaten Wonogiri adalah koleksi goa yang dimilikinya. Ada puluhan goa yang hampir kesemuanya terdapat di wilayah Wonogiri bagian selatan yang notabene merupakan daerah perbukitan kapur.
Nah, kali ini Timlo.net akan memperkenalkan  sebuah goa. Goa ini bernama Goa Maria. Dinamakan seperti itu lantaran terdapat patung Bunda Maria pada pintu masuk goa.
Secara administratif, Goa Maria Wonogiri termasuk wilayah Kecamatan Giriwoyo. Tepatnya berada di Dusun Ngampohan, Desa Platarejo. Goa Maria berada pada lereng sebuah bukit. Namun jangan khawatir, biarpun bukit, akses jalan menuju ke sana amat mudah. Kendaraan roda dua dan empat bisa mencapainya.
Ada satu keistimewaan yang dimiliki Goa Maria. Yakni keberadaan sebuah sendang atau perigi yang mata airnya berasal dari dalam goa. Oleh penduduk setempat, sendang itu dinamai Sendang Ratu Kenya. Dipercaya air Sendang Ratu Kenya berkhasiat menyembuhkan bermacam penyakit. Maka tak heran Go Maria dan sendangnya kerap dikunjungi para pencari kesembuhan yang datang tidak hanya dari sekitaran Wonogiri, melainkan juga berasal dari Magelang, Jogjakarta, atau  Solo.
Seorang pengunjung yang ditemui Timlo.net, Sabtu (18/2), Diana Kharisma Putri (34) asal Magelang menuturkan, dirinya sering berkunjung ke Goa Maria untuk menikmati keindahan yang ditawarkan. “Tapi yang terpenting saya ke sini untuk mengambil air sendang guna saya konsumsi,” ujarnya.
Khasiatnya? Menurut pengakuan perempuan yang memiliki usaha salon kecantikan ini, ia merasa awet muda setelah meminum air dari Sendang Ratu Kenya. “Lihat sendiri kan Mas, gimana wajah saya biar umur sudah 34 tahun tapi masih terlihat muda dan bersinar kan?” katanya sembari tersenyum penuh arti.
Pengunjung lain, Suprapto (60) warga Banguntapan, Bantul, DIY mengakui manfaat air yang bersumber dari Goa Maria. Dirinya yang dulu sering terkena migren kini mulai terbebas dari penyakit setelah meminum airnya.
Itulah sekelumit gambaran tentang Goa Maria beserta Sendang Ratu Kenya. Tertarik? Anda bisa meluangkan waktu mengunjunginya. Mengenai khasiat air yang dipercaya mampu menyembuhkan beragam penyakit hal itu berpulang pada keyakinan masing-masing. Tapi yang pasti hanya Tuhan yang tahu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar